Minggu, 04 Desember 2011

Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Keutamaan

Membaca 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah di Malam Hari

Dari Abu Mas’ud al Badri ra dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, barang siapamembacanya di malam hari, niscaya dua ayat tersebut akan mencukupinya”. (H.R. al-Bukhari no. 3786 dan Muslim no. 807 dan 808)

Hadits agung ini menunjukkan keutamaan besar dua ayat tersebut dan sekaligus anjuran membacanya di malam hari, karena itu merupakan faktor terpeliharanya seorang hamba dari keburukan dan dipermudah memperbanyak kebaikan. (lihat Faidhul Qadir 6/197)

Hadits ini didukung oleh hadits shahih lainnya, Malaikat memberi salam dan berkata kepada Rasulullah saw “Bergembiralah engkau (wahai Rasullah) dengan dua cahaya yang diberikan (oleh Allah) kepadamu dan belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, (yaitu) surah al Fatikhah dan penutup (dua ayat terakhir dari) surah al-Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu satu hurufpun dari keduanya kecuali (semua) akan diberikan kepadamu”. (HR. Muslim no. 806)

Beberapa faedah penting yang terkandung dalam hadits ini:

@”Dua ayat tersebut akan mencukupinya”, adalah mencukupkannya dari segala keburukan dan kejahatan setan serta mencukupkannya (memudahkannya) memperoleh pahala dan kebaikan.

@Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah dan al-Mubarakfuri rahimahullah menukil riwayat lain dari hadits ini bahwa kedua surah ini dibaca pada malah hari setelah shalat ‘Isya.

@Keutamaan besar bagi orang yang membaca dan menghayati makna dua ayat ini karena dua ayat ini mengandung unsur-unsur penopang keimanan, ketundukan yang utuh kepada perintah Allah swt., doa kebaikan, dan semua amal kebaikan dunia dan akhirat.

Sumber: Abdullah bin Taslim al-Buthoni, MA., As-Sunnah No. 08 Thn. XV

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar