Minggu, 18 Desember 2011

Sejarah Islam

SEJARAH TIMBULNYA PERMASALAHAN-PERMASALAHAN

TEOLOGI DALAM ISLAM

Agak aneh kiranya kalau dikatakan bahwa dalam Islam, sebagai agama, persoalan yang pertama-tama timbul adalah dalam bidang politik dan bukan dalam bidang teologi. Tetapi persoalan politik ini segera meningkat menjadi persoalan teologi. Agar hal ini menjadi jelas perlulah kita terlebih dahulu kembali sejenak kedalam sejarah Islam, tegasnya ke dalam fase perkembangannya yang pertama.

Ketika Nabi Muhammad saw mulai menyiarkan ajaran-ajaran Islam yang beliau terima dari Allah swt di Mekkah, kota ini mempunyai system kemasyarakatan yang terletak di bawah pimpinan suku bangsa Quraisy.

Di pertengahan ke dua dari abad ke-enam Masehi, jalan dagang Timur – Barat berpindah ke Teluk Persia – Euphrat di Utara dan Laut Merah – Perlembahan Nil di Selatan, ke Yaman – Hijaz – Syria. Peperangan yang senantiasa terjadi antara kerajaan Byzantin dan Persia membuat jalan Utara tak selamat dan tak menguntungkan bagi dagang. Mesir, mungkin juga sebagai akibat dari peperangan Byzantin dan Persia, berada dalam kekacauan yang mengakibatkan perjalanan dagang melalui Perlembahan Nil tidak menguntungkan pula. Selengkapnya di sini........

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar